Pages

DUNG: 5 Akibat Kelangkaan BBM

Guys, sebenarnya postingan ini udah aku tulis sekitar seminggu yang lalu, tapi baru sempat aku publish hari ini. Jadi latar waktunya adalah waktu saat seminggu yang lalu, belum aku revisi hehe. Langsung aja yah, cekidot~

Udah tau berita paling mainstream minggu ini? Yap. Kelangkaan BBM alias Bahan Bakar Minyak. Kemarin sore, aku lagi nonton TV. Layaknya remaja labil, aku gonta-ganti channel, nyari acara yang bagus. Awalnya aku nonton @Show*sensor* di TransT*sensor* terus aku ganti channel ke Tran*sensor* yang lagi nayangin berita, aku ganti lagi ke channel SCT*sensor* yang juga lagi nayangin berita, aku ganti channel lagi ke RCT*sensor* yang juga lagi nayangin berita. Dan kamu tau apa beritanya? Yap. Berkurangnya pasokan BBM, Pom Bensin yang kehabisan premium, kendaraan yang antri demi mendapat BBM, sampai berita tentang kekerasan pada anak. Ini tragis pemirsa. TRAGIS.

Tadi pagi, aku dengerin radio, kata penyiarnya, BBM nggak di kurangi, melainkan di samakan dengan subsidi bulan Maret. Entah apa maksudnya. Intinya, sekarang nyari BBM itu susah, terutama jenis Premium. Masyarakat pun terpaksa membeli Pertamax yang harganya dua kali lebih mahal. Di penjual eceran, harga Premium mencapai 10.000,-. Fenomena langkanya BBM ini tentu saja membawa dampak bagi masyarakat. Apa saja akibat dari langkanya BBM?

1.       Macet
Nggak cuma di Jakarta., di Tegal pun macet gara-gara banyaknya kendaraan yang antri BBM di Pom Bensin. Antriannya sampai ke jalanan, guys. Dan tentu saja itu mengganggu lalu lintas.  Tadi pagi, aku lewat Pom Bensin. Disitu banyak kendaraan yang lagi antri BBM. Aku kira hanya di Jakarta yang antriannya sampai ke jalanan, eh ternyata di kotaku juga.

2.       Berkurangnya Pengendara Sepeda Motor
Karena Premium susah dicari, pengendara sepeda motor harus berpikir panjang sebelum menggunakan sepeda motornya. Kamu juga gitu kan? Kamu pasti mikir duu, bensinnya cukup atau nggak? Kalau bensin habis, ada stok Premium di Pom Bensin atau nggak? Duitnya cukup nggak buat beli Pertamax kalau kepepet? Dan semua itu membuat pengendara sepeda motor enggan bepergian, dan artinya, volume sepeda motor di jalanan pun berkurang.

3.       Angkutan Umum Semakin Jarang
Tau nggak sih kalau kelangkaan BBM berpengaruh juga terhadap populasi angkut? Ya jelas berpengaruh. Angkut kan juga pake BBM, iya kan? Nah, sebagai penumpang setia, tentu saja aku merasa kehilangan “para” angkut. Untuk berangkat ke tempat Prakerin saja, paling nggak aku harus nunggu angkut selama 30 menit, di tambah dengan 30 menit untuk perjalanan. Jadi, aku harus berangkat satu jam sebelumnya. Oh~

4.       Tarif Kendaraan Umum Meningkat
Karena BBM sulit di dapat dan harganya meningkat, jadi tarif angkutan umum juga meningkat. Yang biasanya Rp. 1500,- menjadi Rp. 2000,- , yang biasanya Rp. 2000,- menjadi Rp. 3000,-. Dan kalau kamu protes gara-gara tarif yang naik, om supirnya pasti jawab “Harga solar naik mbak/mas, nggak pernah liat TV yah?” Sakit pemirsa. SAKIT.

5.       Uang Jajan Menipis
Alasan-alasan diatas, membawa pengaruh buruk bagi kita. Yap. Uang jajan kita jadi cepat habis karena di gunakan untuk membeli bensin, membayar angkut, dan bayarin pacar. Lalu gimana kita mau nabung? (Eciee yang CERITANYA rajin nabung). Intinya, uang jajan kita semakin menipis. Titik.

Dan akibat yang terakhir adalah, karena fenomena kelangkaan BBM, postingan ini ada. Dan karena aku sudah kehabisan kata-kata, maka paragraf ini harus segera di akhiri, dan artinya postingan ini selesai. Apa ada akibat kelangkaan BBM lainnya?

4 comments:

  1. itu semua mungkin masalah yg akan timbul jika BBM di naikkan ya? tapi siapapun jadi Presiden, tak terhindari bahwa subsidi BBM perlu dikurangi agar harga BBM naik dan energi non-BBM bisa bangkit bersaing. Dana yg dihemat karena penghapusan subsidi bisadigunakan bangun infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan, listrik, sekolah & keperluan rayat. semoga apapun keputusan pemerintah itu adalah yg terbaik buat rakyatnya :)

    ReplyDelete
  2. Akibat yg terbaik itu, kalau orang sudah mulai beralih jalan kaki atau bersepeda.. Bbm nya di kasih ke angkutan umum aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener itu. selain bisa mengurangi polusi, bisa bikin badan sehat juga

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS