Pages

DUNG: Silent Reader

"Silent Reader" sebuah panggilan untuk para pembaca blog yang enggak ninggalin jejak. Mereka baca postingan blog tanpa harus disuruh. Mereka juga enggak ninggalin komentar atau lainnya. Emangnya silent reader itu ada? Tentu saja ada. Selama ini silent reader selalu dipermasalahkan. Mungkin ada sebagian blogger yang enggak suka sama silent reader. Wajar sih memang, setiap penulis pasti pengin tulisannya dibaca, pengin tau siapa aja yang baca tulisannya, pengin tau respon pembaca, dll. Tapi enggak perlu nyalahin silent reader juga kan? Gimana pun juga, silent reader juga termasuk pembaca blog kamu. 

Apa alasannya jadi silent reader? Alasannya macam-macam, bisa karena si pembaca merasa cukup hanya sekedar membaca tanpa berkomentar, bingung mau komentar apa, udah terlalu banyak pembaca yang berkomentar, atau takut barangkali salah berkomentar sehingga bisa menimbulkan salah paham.

Menurut aku sih, jadi silent reader itu sah-sah aja. Lagian kan enggak ada peraturan yang ngelarang. Tapi sebagai penikmat postingan blog, ada baiknya jika kamu ngasih kritik, saran atau pujian. Pasti si penulis bakal seneng kalo postingannya dapet respon atau komentar dari pembaca. Ya itu sih pandangan aku aja tentang silent reader. Ada yang mau nambahin?

Sumber gambar: http://www.soulshepherding.org/wp-content/uploads/2011/02/Shhh-Silence.jpg

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS