Pages

DUNG: Ekspetasi vs Realita "Kuliah"

Yuhuuu~ sekarang aku sudah jadi mahasiswi loh. Cihee~ mahasiswi baru. Nah sebagai mahasiswi baru, tentu saja banyak hal-hal baru yang aku dapatkan di jenjang perkuliahan. Dan buat kamu-kamu yang belum ngerasain yang namanya kuliah, jangan harap selama kuliah kamu ngalamin kejadian-kejadian penuh drama kayak di sinetron atau FTV. Beneran deh. Sebelum aku kuliah, ekspetasi aku itu “Wah, bentar lagi kuliah. Pasti asyik nih, bisa lebih bebas dibandingin sama sekolah.” Dan ternyata apa kenyataannya? Setelah aku kuliah aku baru tahu kalau kuliah itu nggak seenak yang di sinetron atau FTV.  Kenapa sih televisi Indonesia dipenuhi oleh sinetron?

Kenapa ekspetasi kuliah nggak sesuai dengan kenyataan?  Nih aku kasih tahu yah.
1.      Ekspetasi: Kuliah itu bebas, nggak perlu berangkat pagi, nggak perlu pakai seragam.
Realita: Seminggu aku berangkat selama 5 hari, sama saja kayak sekolah kan? Dan selama 4 hari aku dapat jadwal kuliah pagi. So, tetap aja aku harus berangkat pagi, yah meskipun nggak sepagi waktu masih sekolah. Kuliah nggak sebebas yang dibayangkan. Tiap dosen memiliki peraturan masing-masing dan aku sebagai mahasiswi tentu saja harus mematuhinya. Dan meskipun kuliah nggak pakai seragam, tetap saja ada aturan harus menggunakan kemeja/kaos yang berkerah.

2.      Ekspetasi: Kalau telat nggak masalah, bisa titip absen sama temen.
Realita: Nggak tahu kenapa aku sering banget berangkat pas waktunya udah mepet. Jadi tiap hari pasti gugup. Ruang kelasku ada di lantai 4 dan kampusku nggak ada lift-nya. Alhasil aku harus naik tangga sampai lantai 4. Kebayang kan pegelnya? Dan lupain deh kalau kamu mau jadi mahasiswa siluman yang kerjanya cuma titip tanda tangan kehadiran sama temen. Mendingan jadi mahasiswa baik-baik saja, kalau memang nggak bisa hadir ya tinggal ijin sama dosennya, aman kan? Aku punya dosen yang anti banget sama mahasiswa yang suka titip tandatangan. Tiap selesai mata kuliah beliau selalu manggil mahasiswanya satu persatu, ya semacam absen waktu SMK lah. Dan kalau ada yang ketahuan titip absen, mahasiswa yang titip dan yang dititipin bakal kena sanksi, aku lupa sanksinya apa hehe.

3.      Ekspetasi: Kuliah bebas tugas
Realita: Boro-boro bebas tugas, ada satu mata kuliah yang nggak ada tugas pun sudah bersyukur banget. Dalam seminggu ada 10 mata kuliah, dan tiap mata kuliah hampir selalu ada tugas. Kebanyakan sih tugasnya presentasi dan bikin makalah. Oh my mind my mind.

4.      Ekspetasi: Bakal punya banyak waktu buat nongkrong di Food Court
Realita: Nggak sempat nongkrong, nggak sempat turun kebawah. Dan kampusku cuma punya 1 food court  jadi aku lebih sering makan atau jajan di warung sekitar kampus, itupun kalau kira-kira dosen mata kuliah berikutnya nggak kiler-kiler amat. Hiks aku mah apa atuh cuma mahasiswi kelaparan.

Yah begitulah kira-kira kehidupan kampus, nggak seenak yang dibayangin. Meski begitu, pasti masih banyak kok hal-hal positif yang bakal di dapatin selama kuliah. So, keep fighting!

10 comments:

  1. Tapi yang pasti, kuliahnya harus semangat dijalanin dong ya, kan tujuannya buat belajar bukan main-main xD

    ReplyDelete
  2. ekspektasi: abis gajian, beli baju baru
    realita: gajian ludes buat bayar cicilan :"(

    ReplyDelete
  3. Aseekk, sama-sama maba nih. Kalau tugas sih emang kayaknya masih sama, sama-sama banyaknya.

    ReplyDelete
  4. pas banget ama kondisi ane saat ini, lagi stress kuliaH :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. senasib ya bang, semoga cepet diwisuda ya bang. wk

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS