Pages

REVIEW Si Juki Cari Kerja

Faza Meonk
144 halaman
Bukune, 2013

Setelah lulus SMA, Juki-Bocah nyentrik yang ngakunya anti mainstream-memutuskan untuk langsung bekerja. 
Dengan keterampilan sedanya, kelakuan nyeleneh, dan teman-teman yang ajaib, Juki memulai petualangannya.

Sayang, ada hal yang Juki tidak tahu, yaitu susahnya mencari pekerjaan tanpa bekal yang cukup. 
Berbagai macam hal dicobanya. Jadi buruh temple iklan sedot WC, petugas delivery service sebuah warteg, figuran acara televisi, sampai menjadi asisten dukun mbah Gendeng, semuanya gagal total.

Apa lagi akal Juki untuk mendapatkan pekerjaan dan meredakan Emak yang terus-terusan cemberut karena bocah ajaib ini lama menganggur? 
Ikuti ceritanya dalam Si Juki Cari Kerja!

Komik ini dikemas secara ringan. Sehingga kita bisa menikmatinya dengan santai. Selain itu, komedinya fresh. Karakter Juki seolah-olah sangat dekat dengan kehidupan kita, sehingga kita merasa familiar. Karena ini komik, jadi ceritanya nggak terlalu panjang. Tapi jalan ceritanya sudah tergambar lengkap dari ilustrasinya, sambil baca, sambil liat ilustrasinya, sambil mbayangin gitu. Si Juki digambarkan sebagai cowok anti-mainstream yang mempunyai mata bulat besar dengan bola mata hitam kecil. Ditambah dengan giginya yang nyembul keluar. Mulutnya lancip-lancip gitu.
"Gue lebih suka dapet penghasilan dari kerja keras dan kemampuan sendiri. Itu lebih fair menurut Gue.” – halaman 59

Karakter dalam komiknya gokil-gokil. Ada Bang Pavly, abang-abang  warkop yang sering jadi sasaran Juki buat ngutang. Ada Emaknya si Juki yang dibilang teriakannya kayak Godzilla. Ada juga Pocong Pinky yang sekarang punya gadget “icong”. Ada Alis Naik yang awalnya aku nggak nyadar kalo dia ada disitu hehe. Ada Bena Kribo. Ada parodinya Aria Wiguna juga. Demi! Demi!

“Juki, sesungguhnya harta bukanlah segala-galanya, ketika masih ada kesempatan besar untuk menuntut ilmu, gunakanlah dengan sebaik-baiknya, setelah itu baru bahagiakan orangtuamu Juk. Lebih baik menuntut ilmu daripada menuntu dukun palsu, Ki.” – halaman 119

Isi komiknya juga nggak cuma cerita sama ilustrasi aja. Di setiap bab, ada selingan semacam tips dan infonya gitu. Diakhir cerita juga ada komik bonus yang judulnya “Juki The Scavenger”. Dibagian akhir komik, dijelaskan tentang tokoh-tokoh yang muncul di komik ini. Selain itu, ada Curcol Komikus – Faza Meonk – yang menceritakan pembuatan komik ini dan tentang Juki.

4 comments:

  1. *lepetin ingusnya Juki dulu di komentar* Salam Berani Beda! Huwalaaa....!!

    ReplyDelete
  2. Pesannya lebih di tunjukkan kepada teman2 yg baru lulus sma nih, bahwa cari kerja itu susah2 gampang

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS