Pages

DUNG: Cara Mengetahui Perasaan Doi dengan Metode Ilmiah

Pelajaran kali ini akan membahas mengenai metode ilmiah. Ternyata metode ilmiah ini bisa dipakai untuk mengetahui perasaan doi sama kamu. Apa tujuannya pake metode ilmiah? Tujuannya adalah agar hasilnya lebih akurat (Insya Allah) dan biar keliatan kece haha.




Langkah-langkah metode ilmiah:

1.       Melakukan observasi
Observasi disini berarti pengamatan terhadap lingkungan sekitar untuk menentukan objek penelitian. Kamu harus mengamati lingkungan untuk mencari target yang kamu inginkan. Kamu harus memperhatikan dengan  teliti, dan bersungguh-sungguh.


2.       Merumuskan Masalah
Jadi, masalah yang sudah tersedia di depan mata harus kamu rumuskan. Merumuskan masalah ini berupa kalimat tanya. Misalnya aja gini:

Apakah doi cucok sama gue?


3.       Merumuskan Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara atas masalah penelitian. Kamu harus membuat jawaban sementara alis mengira-ngira. Misal:

Widiw, doi cucok sama gue.


4.       Perancangan Penelitian
Rancangan penelitian adalah rencana penelitian yang akan dilakukan untuk menguji hipotesis dan memperoleh jawaban dari permasalahan yang dikaji. Jadi sebelum kamu melakukan penelitian terhadap si doi, kamu harus merancang dulu gimana teknis pelaksanaannya. Misalnya gini:

Alat:
Teropong, buku catatan, alat tulis

Prosedur kerja:
a.       Menyiapkan alat
b.      Menentukan target
c.       Menentukan lokasi penelitian
d.      Mencatat data hasil pengamatan dari setiap perlakuan


5.       Pelaksanaan penelitian
Saatnya menjalankan misi! Ya, kamu sudah mulai melakukan penelitian. Kamu bisa mengamatinya selama disekolah, ditempat les, di sekitar rumah, di dalam toilet *ups.

 Tahap pelaksanaan penelitian:
a.       Melaksanakan semua prosedur kerja penelitian
b.      Melakukan pengamatan terhadap perlakuan penelitian
c.       Mencatat hasil pengamatan
d.      Data hasil pengamatan di analisis kemudian diambil kesimpulannya


6.       Laporan penelitian
Setelah penelitian selesai, kamu masih harus membuat laporan penelitian yang berisi tulisan yang menggambarkan seluruh proses penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan aturan tertentu. 


Nah dari penelitian yang kamu lakukan, kamu bisa menarik kesimpulan. Apakah doi cucok sama kamu atau enggak. Lebih lanjutnya, terserah kamu aja. Oke deh semoga sukses.

NB: Harap jangan meniru tutorial ini :D

4 comments:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS