Pages

DUNG: Buku atau Novel Apa yang Membuatmu Menyerah?

sumber
Kemarin aku blogwalking dan mampir ke situs ini. Dan dari situ, aku jadi ingin ikutan untuk sharing tentang “Buku/novel apa sih yang bikin kamu menyerah untuk membacanya? Dan apa alasannya?”

Kalau aku sendiri sih, buku yang bikin aku nyerah baca, pastinya buku pelajaran, modul, dan kawan-kawan sejenisnya. Udah gitu bukunya gede-gede, tebal-tebal +  isinya bikin pusing. Hoho mahasiswi macam apa aku ini. Kalau novel sih, kayaknya banyak deh yang cuma dibaca sinopsisnya atau halaman pertamanya sudah langsung nyerah, nggak minat buat baca tapi aku nggak ingat judul-judulnya. Jadi bukunya langsung dibalikin ke rak perpustakaan. Maklum, dulu jadi anak irit rajin jadi baca + pinjam bukunya diperpustakaan. Yang paling aku ingat ada beberapa novel yang bikin aku menyerah buat bacanya:

sumber
1.      Laskar Pelangi – Andrea Hirata

Awalnya sih semangat banget buat baca buku ini karena waktu itu buku ini lagi booming banget. Sudah dibikin filmnya juga. Eh baru baca sepertiga atau setengah buku saja sudah mulai males bacanya. Tapi tetap saja aku paksain buat nerusin baca. Dan alhasil tetap nggak selesai. Nyerah. Nggak paham jalan ceritanya. Entah itu karena bahasanya yang susah dipahami, atau terlalu banyak tokoh, atau aku yang nggak fokus bacanya. Yang pasti bukan karena bukunya tebal yah, soalnya aku pernah baca buku The Hunt For Atlantis, lupa siapa penulisnya. Bukunya tebal tapi sanggup aku habisin soalnya ceritanya menarik.



      2.      Cintaku Untuk Si Mata Indah – Sri Rokhati
Novel ini mengangkat kisahnya Pak Habibie dan Ibu Ainun. Aku baca cuma sampai setengah buku. Setelah itu sudah nggak sanggup baca lagi, sudah nggak minat buat nerusin baca. Sebenarnya jalan ceritanya cukup menarik, hanya cara penulisannya saja yang kurang, itu sih menurut aku yah. Jadi setelah dua bulan berusaha baca novel ini, akhirnya aku nyerah dan novelnya aku kembaliin ke pemiliknya. Ya ampun, pinjem novel sampai dua bulan nggak dikembaliin-kembaliin.
      3.      SeniorMoon: Dengan Kekuatan Senior Akan Menghukummu – Airra Nugie
Aku suka ide ceritanya karena secara garis besar aku juga ngalamain yang namanya “kekuasaan senior” jadi aku tertarik beli buku ini, sudah gitu ada diskonnya hoho. Sempat males baca sih gara-gara ada beberapa kata atau kalimat yang terlalu vulgar menurutku dan masih agak tabu. Tapi tetap aku baca sampai habis karena aku harus bikin sinopsis dari novel ini untuk tugas sekolah. Kalau mau baca sinopsisnya ada disini


Nah itu beberapa buku yang bikin aku nyerah. Kalau kamu, buku/novel apa yang membuatmu menyerah?

3 comments:

  1. sama, buku pelajaran selalu bikin nyerah.
    ada nih novel yang bikin aku nyerah, Rahvayana Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo, udah empat bulan dan baru dibaca setengah, haha..
    sampai hari ini belom dilanjut lagi, ceritanya agak rumit, sih.

    ReplyDelete
  2. Selain buku pelajaran sih, seingatku nggak pernah. Pernah nemu buku Max Havelar dengan terjemahan yang ngaco tapi tetap di selesaikan juga, walaupun nyampe setahunan nyeleseinnya...

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS