Pages

DUNG: Mudik Asyik Naik Mobil

sumber gambar
Baru berangkat seminggu, eh sudah liburan lagi. Minggu kemarin, aku sama temen yang lain dapat tugas mendokumentasikan kegiatan MOS dan kegiatan Ramadhan di sekolah. Jadi selama seminggu kegiatannya, ambil kamera di lab. Multimedia, motret upacara pembukaan MOS, motret kegiatan apel pagi, motret kegiatan siswa baru di kelas, motret kegiatan pesantren kilat, motret lomba adzan, lomba MTQ, lomba LCC, lomba  kaligrafi, lomba pidato, motret upacara penutupan MOS, motret acara Nuzulul Qur’an,  mindahin foto-foto tadi ke laptop, terus kameranya dikembaliin lagi deh.

Nah berhubung puasa tinggal beberapa hari lagi, lebaran sudah semakin dekat, sekolah juga sudah libur, pasti kamu sudah siap-siap dapat angpao mudik kan? Mau mudik sendiri atau bareng keluarga? Wuih pasti asyik yah kumpul bareng keluarga besar di kampung halaman. Kamu bisa mudik naik motor, mobil, bus, kereta, kapal laut, atau bahkan pesawat. Tapi kali ini, aku mau mbahas mudik naik mobil aja. Yah, walaupun sebenarnya ini juga berlaku buat yang naik alat transportasi lain. Kenapa judulnya “Naik Mobil” ? Bukan karena aku mau mudik naik mobil. Bukan juga karena si mobil udah nyogok aku biar bisa nampang disini. Semua itu cuma karena aku pengin kasih judul itu. Udah itu aja, nggak ada alasan lain. Oke deh, simak baik-baik yah.

1.       Persiapan Matang
Sebelum mudik, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Mulai dari mempersiapkan mobil, siapkan ongkos, siapkan barang-barang yang akan dibawa, siapkan juga angpao untuk sanak saudara, jangan lupa memilih jalur yang nanti akan dilewati. FYI, jalur Pantura agak bermasalah karena jembatan Comal, Pemalang amblas. Aku juga nggak tau apa penyebabnya. Katanya sih, hari kamis besok diperkirakan sudah dibuka ( baca disini ).

2.       Cek dan Ricek
Jika persiapan sudah matang, saatnya cek dan ricek. Cek barang bawaan kamu. Cek juga keadaan mobil yang akan digunakan, bensin sudah terisi penuh atau belum, mesin dalam keadaan baik atau tidak, semua itu harus di cek sebelum mudik. Setelah semuanya sudah siap, jangan lupa cek keadaan rumah yang akan ditinggalkan, cek kompor, listrik, dan peralatan-peralatan elektronik. Jangan lupa kunci jendela dan juga pintu.

3.       Pakaian Nyaman
Pilih baju dan celana yang nyaman di pakai. Pilihlah baju yang bisa menyerap keringat dan tidak panas. Biasanya sih, bahan yang pilih adalah kaos. Kenapa harus menggunakan pakaian yang nyaman? Karena dengan pakaian yang nyaman, akan membuat kamu lebih enak bergerak, lebih leluasa, ya pokoknya nyaman digunain deh.

4.       Penghilang Bosan
Pernah nggak sih kamu merasa bosan? Mudik ke kampong halaman, apalagi jika jarak yang di tempuh cukup jauh seringkali membosankan. Sekarang jalanan sudah mulai padat, apalagi kalau sampai macet. Beuh~ bikin bĂȘte. Nah biar nggak bosan, coba deh bawa mainan. Sekarang kan banyak tuh mainan yang ada magnetnya. Atau sekarang yang lagi tren itu gadget, bawa gadget aja deh nuat pengganti mainan. Sekarang kan gadget sudah canggih-canggih, ada permainannya juga kan?

5.       Tas Bukan Koper
Kamu perlu tas serba ada. Nggak perlu besar-besar kok, yang penting isinya berupa barang-barang yang kita perlukan segera. Misalnya saja obat-obatan, air minum, makanan ringan, sebuah baju ganti, dan peralatan sholat. Tas ini nggak perlu di letakkan di bagasi, letakkan saja disamping kita. Jadi, ketika kita membutuhkan sesuatu, gampang ambilnya, nggak perlu bongkar koper yang ada di bagasi.

6.       Istirahat!
Yang terakhir ini nggak boleh di lewatkan, nggak boleh di sepelekan. Selama perjalanan tentu membuat badan capek dan pegal. Badan capek, membuat kamu mudah mengantuk. Wuih bahaya tuh kalo nyetirnya sambil ngantuk. Oleh karena itu, istirahat sangat di perlukan untuk melemaskan otot-otot.

Oke deh, cukup sekian dan terimakasih. Selamat menunaikan ibadah puasa. Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Happy Mudik!

6 comments:

  1. Iya, penghilang bosan. Karan gue cuma bisa jadi penumpang, makanya bosen. Gue sih ga terlalu hobi main game ya. Gue biasanya, dengerin musik atau nonton film di gadget. :))

    ReplyDelete
  2. iya, itu juga bisa jadi penghilang bosan

    ReplyDelete
  3. Ah ga bisa mudik. Soalnya ya tinggalnya di kampung halaman. Bukan anak rantau.

    ReplyDelete
  4. aku ka seribet itu :D mudikku deket cuman satu jam perjalanan ''
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aku ke rumah nenek paling cuma 10-15 menit

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS